Cara Merawat Laptop Yang Baik Agar Tetap Awet

Cara Merawat Laptop Yang Baik Agar Tetap Awet
Kebanyakan dari kita hanya tahu cara menggunakan laptop kita, sehingga sering kali laptop kita mengalami kerusakan dan sering juga dibawa ke service laptop terdekat. Tentu hal ini akan merepotkan kita, penggunaan biaya untuk membawa ke jasa service membuat keuangan kita semakin boros. Berikut simak ulasan cara merawat laptop yang baik agar tetap awet, mencegah lebih baik bukan?

  1. Jaga Kebersihan Laptop

  2. Membersihkan Laptop

    Pastikan kebersihan laptop terjaga, untuk membersihkan bagian LCD dan Body Laptop kalian bisa menggunakan tisu, sedangkan untuk keyboard kalian bisa menggunakan sikat gigi. Bagian dalam Laptop juga perlu dibersihkan, dianjurkan beberapa bulan sekali.


  3. Batasi Penggunaan Laptop

  4. Sering kali kita menggunakan laptop berjam - jam, bahkan ada yang sampai 6 jam lebih, ayolah laptop bukanlah seperti komputer yang bisa berjalan terus menerus berjalan, bahkan tubuh kita sendiri perlu istirahat bukan?, gunakan laptop maksimal 2-3 jam lalu beri jeda untuknya beristirahat setelah itu kalian boleh memainkannya lagi.


  5. Jangan Paksa Laptop Anda Menjalankan Aplikasi atau Games Berat

  6. Mungkin rata - rata laptop kita mempunyai spek yang terbatas, bermain game atau aplikasi biasa wajar, Tapi bagaimana jika kita memainkan game seperti Assassin Creed Unity sedangkan kita hanya mempunyai spek yang terbatas seperti RAM hanya 2 GB, belum lagi proccesor dan VGA yang jauh dibawah minimum Requirement. Ini yang akan menyebabkan Laptop hang dan seringkali langsung merestart.


  7. Gunakan Laptop di Tempat Yang Sesuai

  8. Gunakan Laptop di Tempat Yang Sesuai

    Jangan gunakan laptop di kasur, ini akan mengganggu jalannya kipas laptop dan membuat laptop cepat panas dan kelamaan hang. Jika kalian menggunakan di lantai sarankan di bersihkan dahulu agar debu tidak masuk ke dalam laptop. Saran saya gunakan laptop diatas meja seperti komputer.


  9. Rawat Baterai Laptop

  10. Rawat Baterai Laptop

    Terlalu sering mencabut lalu mengisi kembali baterai laptop justru akan mempercepat umur batterai, charger laptop jika sudah baterai mencapai 10 % atau biasanya ada notifikasi dari windows jangan batterai masih 60 atau 70 % kita menchargernya. Dan jika kita ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama  biarkan saja charger tetap terisi walau sudah penuh biasanya laptop atau batterai keluaran baru akan otomatis berhenti saat mencapai 99% terisi.


  11. Pastikan Terpasang Antivirus

  12. Lakukan Full Scan tiap 1 bulan atau 1 minggu, pastikan Anti Virus selalu aktif. Saya sering melihat beberapa laptop yang ada memang terpasang tapi anti virusnya tidak aktif, sehingga laptop ini rawan terhadap serangan virus.


  13. Uninstall Software Yang Tidak Perlu

  14. Mungkin sobat pernah merasa laptop terasa berat?, penyebabnya mungkin ini, banyak sekali aplikasi atau software yang terpasang justru akan memakan RAM dan Hardisk yang banyak sehingga Ruang semakin sedikit.


  15. Jauhkan Makanan dan Minuman Saat Menggunakan Laptop 

  16. Jauhkan Makanan dan Minuman Saat Menggunakan Laptop

    Suatu hari ketika adik saya memainkan laptop dia sambil makan dan minum, dan alhasil banyak makanan yang jatuh di atas laptop tepatnya di bawah keyboard sehingga sulit diambil, minyak dalam makanan juga membuat keyboard kita berminyak dan terasa kotor.
Previous
Next Post »